Jumat, 16 Februari 2018

Asam Pedas Ikan Baung



makanan khas Riau
sumber.com

     Olahan dengan bahan dasar ikan yang juga tidak kalah melegenda dengan makanan
khas riau yang sebelumnya ini adalah asam pedas ikan baung. Dari namanya saja sudah jelas ada perbedaan antara asam pedas ikan baung dan gulai ikan patin.
     Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu asam pedas ikan baung, simaka penjelasan singkat ini. Masakan yang satu ini adalah makanan yang lahir atas dasar pengaruh yang dibawa oleh orang-orang melayu di tanah Sumatera. Menu dengan bahan dasar ikan laut ini bisa dijadikan alternatif kamu yang mungkin saja sudah pernah mencicipi gulai ikan patin.
     Untuk mengolah asam pedas ikan baung, masyarakat Riau meracik bumbunya dengan menggunakan bermacam rempah-rempah teradisional semisal bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan serai. Sementara itu cita rasa asamnya didapat dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa yang digunakan untuk rendaman bumbu-bumbu dan ikan.
     Ikan yang dipakai untuk masakan ini adalah ikan baung yang memiliki bentuk mirip dengan ikan lele karena memang ikan ini masih ada kerabat dengan ikan lele. Ikan baung sendiri memiliki tekstur daging lembut padat dan tidak memiliki duri halus dengan warna putih terang. Apabila ikan baung dibndingkan dengan ikan patin, ikan baung mempunyai tingkat ketebalan lebih disbanding ikan patin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar